Dandim 0717 Purwodadi Buka TMMD Ke-82


Grobogan Metro Realita Cyber.Dandim 0717 Purwodadi Letkol.CZi. Sigit Budi Sucahyono.S.IP secara simbolis membuka kegiatan fisik dan non fisik TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke -82, yang berlangsung di lapangan Desa Putat Kecamatan Purwodadi, Selasa (2/6). Pembukaan TMMD yang ditandai
dengan pemukulan, disaksikan Wakil Bupati Grobogan H.Icek Baskoro, SH, dan Muspida. Hadir dalam acara itu, Jajaran Kodim 0717 Purwodadi, Kepala SKPD terkait, Tokoh Masyarakat dan Undangan.

Saat membacakan sambutan Kasad selalaku Penanggung jawab TMMD, Dandim 0717 Purwodadi, Letkol.Czi. Sigit Budi Sucahyono,S.IP mengatakan, pelaksanaan TMMD ke-82 serentak dilaksanakan di 54 kabupaten/kota se-Indonesia., merupakan program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departeman dan Pemkab, serta segenap komponen masyarakat.
Kegiatan tersebut sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan dan membantu pemerintah di daerah dalam meningkatkan ekselerasi pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam rangka mewujudkan ketahanan wilayah yang tangguh, dalam menghadapi berbagai ancaman.
Program TNI Manunggal Membangun Desa ini, diharapkan benar-benar menjawab aspirasi dan kepentingan masyarakat. Mengingat program ini diawali dengan dengan proses perencanaan yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta di susun dengan system “Battom Up Planning” .
Mekanisme dalam penyusunan program di mulai dari hasil musyawarah di tingkat desa atau rembug desa. Kemudian rapat kecamatan, dan dibicarakan ke tingkat kabupaten atau kota. Selanjutnya di tingkatPJO TNI Manunggal Membangun Desa.
Untuk keberhasilan program tersebut, kepada masing-masing pihak agar selalu melaksanakan koordinasi yang berkesinambungan dengan unsure terkait lainnya. Berupa memberikan kontribusi positif dalam setiap pelaksanaan kegiatan TMMD. Sehingga setiap kendala dan permasalahan yang dihadapi diapangan mampu dipecahkan mencari solusi terbak.
 Disadari bahwa kegiatan TMMD belum sepenuhnya belum dapat menjangkau ke seluruh pedesaan yang menjadai sasaran kegiatan tersebut. Hal it disebabkan keterbatasan dana, sarana dan prasarana dan jumlah desa yang cukup banyak, kondisi ekonimi bangsa yang kini masih belum pulih. Menghadapi kondisi seperti itu, diharapkan agar kegiatan TMMD ini benar-benar dapat dilaksanakan dengan optimal.
Sementara itu, Perwira Proyek, Kapten. Inf. Suharman, sebelumnya melaporkan,Karya Bhakti TNI Manunggal Membangun Desa ke-82berlangsung 21 hari, di mulai tanggal 2 Juni dan berakhir pada 23 Juni 2009 di Desa Putat Kecamatan Purwodadi ini, mengerjakan pembangunan fisik dan non fisik.
Pembangunan fisik diantaranya pembangunan jalan desa, pugar rumah penduduk, pembuatan pos kamling, pembanguan musahola dl. Sedang pembangunan non fisik; penyuluhan bela Negara, kesehatan, koperasi, pertanian dan lainnya. Kegiatan ii melibatkan Dinas/Instansi terkait baik Tingkat Kabupaten maupun tingkat kecamatan, 1 SST Kodim 0717 Purwodadi, Tim Tehnis, dan masyarakat setempat. (Gus Murgan)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...