KEHARMONISAN PASIEN DENGAN DOKTER PERLU DITINGKATKAN

Grobogan Metro Realita Cyber Untuk menunjang cepat sembuh pasien dari sakitnya, dokter jangan sampai lepas komunikasi dengan pasien. Sebab untuk lekas sembuh pasien membutuhkan pelayanan yang terbaik dari dokter termasuk komunikasi mengenai penyakit yang dideritanya. Oleh karena itu, jaga komunikasi antara pasien dan dokter harus terus tetap di bina, untuk mencapai kesembuhan tersebut
.
Wakil Ketua IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Jawa Tengah Dr. H. Joko Widiyanto,MH.Kes mengatakan hal tersebut, usai melantik Pengurus IDI Cabang Kabupaten Grobogan Periode 2008-2011 yang berlangsung di Aula RS. Permata Bunda Purwodadi, Kamis (28/5). Ketua IDI Grobogan terpilih Periode 2008-2011 Dr.H Sgus Kurnia,Sp.PD yang dilantik, menggantikan, Ketua IDI lama Dr.H.Utomo.DS,Sp.OG. Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Grobogan H. Icek Baskoro, SH, Kepala SKPD terkait, Jajaran IDI Grobogan dan undangan.
Lebih lanjut Dr.H. Joko Widiyanto menjelaskan bahwa, ada dua hal yang harus dilakukan Ketua IDI Cabang Kabupaten Grobogan terpilih, yaitu dr. Agus Kurniawan berserta pengurus lainnya.
Kedua hal itu, diantanya belajar dari pengurus lama Dr.H. Utomo.DS.Sp.OG yang tiga periode menjabat Ketua IDI Cabang Kabupaten Grobogan banyak pengalaman yang mampu menjaga keharmonisan antara pengurus dan anggota IDI yang dipimpinya, sehingga menjadi solid. Dan kedua, pelaksanaan tugas baru mendatang harus mampu melanjutkan program pengurus IDI yang lama.
Disisi lain dikatakan, banyak organisasi di Indonesia terpecah, gara-gara pengurusnya tidak mampu menjaga iklim kondusif antara pengurus dan anggotanya. Pengurus IDI Cabang Grobogan jangan sampai seperti itu. Jaga siroturohmi antara pengurus dan anggota,dan jaga kesatuan dan persatuan antara pengurus dan anggota.
Pada kesempatan itu, Wakil Bupati H. Icek Baskoro, SH menjelaskan, kebutuhan akan dokter yang professional dan mempunyai kompentensi global tidak terelakkan lagi. Hal itu karena masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat bertambah rumit dan berfariasi. Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan dokter yang bermutu dan terjangkau terus meningkat. Ditambah pelayanan kesehatan dengan teknologi, serta perralatan kedokteran yang semakin canggih.
Disadari bahwa, pembangunan kesehatan merupakan upaya pembanguna multi dimensi yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan. Pembangunan kesehatan hanya dapat dilakukan dengan baik, bila terjadi sinergime antara pelaku pembangunan kesehatan, termasuk dokter sebagai unsure masyarakat dan swasta.
Ikatan Dokter Indonesia sebagai unsur organisasi profesi kesehatan, sangatlah besar peranannya dalam mensukseskan pembangunan diIndonesia. Telah banyak hasil kiprah IDI dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan di Kabupaten Grobogan, utamanya dalam meningkatkan akses pelayanan kesehatan berkualitas dan mudah dijangkau masyarakat.
Sementara itu, Ketua IDI terpilih Dr.H. Agus Kurnia,Sp.PD usai dilantik bersama pengurus lainnya dalam kesempatan itu menjelaskan, menyatakan kesediannya sebagai Ketua IDI Periode 2008-2011. Namun untuk memimpin anggota IDI Kabupaten Grobogan yang kini berjumlah 150 dokter bukan perkara yang mudah. Meski begitu, pihaknya bersama segenap pengurus siap melaksanakan tugas tersebut.
Dikatakan, Anggota IDI sebanyak itu terdiri dari berbagai disiplin ilmu kedokteran mempunyai karakter berbeda. Ada yang bekerja di pemerintahan dan ada pula yang prakatek mandiri, karena keterbatasan kemampuan pemerintah.
Untuk itu, dalam melaksanakan tugas sebagai Ketua IDI Periode 2008-2011, pihaknya minta kepada semua pengurus dan anggota agar bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tanpa bantuan, pihaknya menyadari tugas yang diimbannya tak akan sukses.
“Saya berharap, untuk mengemban tugas sebagai Ketua IDI Cabang Kabupaten Grobogan cukup satu periode saja, “katanya singkat, yang di sambut tepuk tangan hadirin.Sedang Pengurus lengkap IDI Cabang Kabupaten Grobogan Masa Bhakti 2008-2011 yang dilantik masing-masing : Penasehat Dr.H. Utomo.DS, Sp.OG, Dr.H.Mulyono Sadini. Drs. H.Imam Santosa,M.Kes. Ketua DR.H.Kurnia,Sp.PD, Wakil Ketua I: Dr.H.Sidik Santosa, MM. Ketua II: Dr.H.Henny Sutrisno,MM. Sekretaris Dr.Budi Setiawan. Wakil Sekretaris: Dr.H. Mulyanto.M.Kes. Bendahara : Dr.Hj.Titik Wahyuningsih. Wakil Bendahara: Dr. Ririn Pramihapsari.
Pengurus IDI tersebut dilengkapi beberapa seksi-seksi. Diantaranya Seksi Organisasi dan Pengembangan Profesi: Dr.H. Hasyim, Sps, Dr. H.Toni.SpB, Dr.Djatmiko, Dr.Ririn Adiyanti. Seksi Pengabdian: Dr. H.Tarno,Sp.Kj, Dr.Neovarseno Birahendi, Dr. Hj.Rinjani, Dr. sarifah Sertani, Dr.Oktavi.KD. Seksi Hukum: Dr. H.Aghadi,Sp.THT, Dr.H.Tohari Angkasa, Dr.H.Teloga Wismo, Dr. Retno Mratihartani. Seksi Olahrga: Dr.Markus Dwi Agus, Dr.H. Teguh Rohadi, Dr. Joko Susilo dan Dr. Mei Martuti.
Yang lain, Seksi Humas dan Kemitraan: DR.H.Muhajir,S.SpA, Dr. Eko Takaryanto, Dr. Nuril Huda, Dr. Wahyu Triharyadi, Dr. Fangiwati Bhandra. Untuk Koordinator Wilayah Kradenan: Dr. Sauful Hariyanto. Koordinator Wilayah Wirosari: Dr. Hartono. Dan Koordinator Wilayah Purwodadi Dr. Diana. (Djo/AS/Gus Murgan)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...